.
Loading...

Makam Putri Al-Qadhi Malikul 'Adil ditemukan di gampong Jawa

Nisan makam Putri Al-Qadhi Malikul 'Adil kesultanan Aceh Darussalam. 
Gampong Jawa Banda Aceh.
Banda Aceh, Masyarakat peduli sejarah Aceh (Mapesa) menggelar kegiatan meuseuraya di gampong Jawa kecamatan Kutaraja kota Banda Aceh pada minggu (25/12), tepatnya di komplek pengajian Babussalam asuhan alm Abon Seulimeuem. Ini merupakan meuseuraya atau gotong royong pekan ketiga yang kita adakan di beberapa titik situs peninggalan sejarah Aceh di gampong Jawa sekaligus kegiatan penutup di penghujung tahun ini, ujar Hasan al-Basri selaku koordinator kegiatan. Dari amatan mapesaaceh.com belasan nisan yang tertumpuk itu berhasil ditata kembali. Nisan-nisan ini kita tata kembali setelah beberapa tahun yang lalu kembali dikumpulkan dan diselamatkan oleh bang Rizal Habsyi ujar Hasan al-Basri. Nisan tersebut seluruhnya telah tercabut dan terseret dalam gelombang tsunami 2004 lalu, sebagiannya telah hilang tambahnya lagi.

Nisan Kepala Putri Al-Qadhi Malikul 'Adil
kesultanan Aceh Darussalam.
Gampong Jawa Banda Aceh.
Sementara itu, dalam publikasi tim ahli Mapesa oleh Musafir Zaman dari hasil kajian sementaranya pada inskripsi-inskripsi nisan di situs bersejarah gampong Jawa tersebut terkuak dua nama tokoh yang hidup dan wafat dalam abad 10 dan 11 Hijriah atau abad 16 masehi ia adalah; al-Marhum Maharaja Muda yang wafat pada 4 Rajab 1002 hijriah (25 Maret 1594) dan putri dari Al-Qadhi Malikul 'Adil yang wafat pada hari Kamis, 22 Syawwal 985 Hijriah (1 Januari 1578). Berikut publikasi Musafir Zaman melalui akun facebooknya di group Mapesa:

"Terima kasih MAPESA"
Ternyata orang yang kuburnya ditandai dengan nisan ini adalah seorang wanita cerdas dan bijaksana, putri dari Al-Qadhi Malikul 'Adil yang wafat pada hari Kamis, 22 Syawwal 985 Hijriah (1 Januari 1578). Semoga Allah melimpahkan rahmat dan ampunan-Nya kepada Almarhumah.
Ini adalah untuk yang pertama sekali gelar "Al-Qadhi Malikul 'Adil" ditemukan pada nisan peninggalan sejarah Aceh Darussalam.
Meuseuraya Mapesa bersama masyarakat Gampong Jawa, Banda Aceh, pada Ahad 26 Rabi'ul Awal 1438 H.
Terima kasih MAPESA atas kerja kerasnya".

Proses penataan kembali nisan makam Putri Al-Qadhi Malikul 'Adil kesultanan Aceh Darussalam.
Gampong Jawa Banda Aceh.
Lantas siapakah wanita cerdas dan bijaksana tersebut, yang katanya (Musafir Zaman) beliau juga mengemban satu jabatan penting dalam kesultanan Aceh Darussalam...!!!
Nantikan hasil kajian selanjutnya... Semoga Allah melancarkan segala urusannya.[mz]
Sejarah 4996688556333987032

Post a Comment

Home item

Google+ Badge

Follow by Email

Popular Posts