.
Loading...

Batu Aceh di Penang

Tim Jejak Warisan Kedah (JWK).
Dari Penang
Halaman Penggemar (Fanspage) "Batu Aceh" pada 6 Mei telah menyiarkan gambar-gambar dari satu batu nisan yang direkam pada 4 hari bulan itu juga. Dalam pengantarnya untuk gambar-gambar nisan tersebut, "Batu Aceh" menulis:
"Pada 4 hari bulan 5 2017 yang lalu team JWK (Jejak Warisan Kedah) telah mendapat maklumat tentang satu batu nisan berkhat Jawi/Arab di kg Bagan Jermal Butterworth Seberang Perai yang membawa kepada penemuan ini pada hari yg sama."
Adinda Mizuar Mahdi telah membagikan siaran itu ke Grup Mapesa selang beberapa waktu kemudian. Batu nisan ini menarik perhatian Mapesa karena bentuknya yang dapat dikatakan mirip dengan sejumlah batu nisan di Aceh dari zaman Sumatra (abad ke-7 Hijriah s/d ke-10 Hijriah).
Itu, tentunya, satu bukti atau pertanda terang dari perpautan sejarah dua daratan yang dipisah oleh laut Selat Malaka.
Sesungguhnya, laut Selat itu sama sekali bukan halangan bagi terbinanya hubungan di antara dua daratan ini dalam berbagai bidang dan tingkatannya selama berabad-abad lamanya.
Sekali waktu, kami pernah berkunjung ke daerah pesisir Simpang Ulim di Aceh Timur untuk memeriksa peninggalan sejarah di sana. Saat dalam sebuah pembicaraan dengan beberapa warga setempat tersebut Pulau Pinang, seorang warga langsung menyela, "Pulau Pinang, nyam mpat sagai (Pulau Pinang itu di situ saja!"
Ia menunjuk ke arah laut, dan ingin mengesankan bahwa jarak antara tempat di mana mereka berdiri dengan Pulau Pinang sungguh sangat dekat. Faktanya, mereka memang dapat mencapai Pulau Pinang hanya dalam beberapa jam.
Jika demikian itu di masa kini, maka saya kira di zaman maritim Sumatra dan Aceh Darussalam, Selat Malaka boleh jadi dianggap tidak lebih dari "parit" melintang antara Sumatra dan daratan Semenanjung Melayu, dan penghuni dua daratan seperti hidup dalam satu kampung yang sama; satu wathan (tanah air), satu Agama, dan satu bahasa.
Antara Sumatra dan Penang.
Untuk menghormati hubungan yang pernah terjalin di masa lampau, dan untuk membangun kembali titian-titian kebudayaan di antara dua daratan ini di masa sekarang dan masa depan, Ketua Mapesa telah meminta kepada pihak Jejak Warisan Kedah (JWK) untuk dikirimkan gambar-gambar yang lebih lengkap dan lebih terang supaya dapat dipelajari inskripsi yang terdapat pada nisan tersebut. JWK dengan segala kemurahan hatinya telah berkenan untuk mengirimkan gambar-gambar yang diminta. Maka kemudian menjadi tugas Mapesa pula untuk menyampaikan dan menyiarkan inskripsi pada nisan yang ditemukan oleh Tim Jejak Warisan Kedah (JWK) pada 4 hari bulan 5 tahun ini. Siaran ini disertai gambar-gambar yang telah disematkan photo credit: Jejak Warisan Kedah (JWK).
Beberapa bagian Inskripsi pada batu nisan ini terbilang rumit dan sukar untuk dibaca, tetapi setelah ditemukan bentuk-bentuk khusus dari kaligrafinya, maka teranglah keindahan pahatan tulisan tersebut.
Keindahan kaligrafi Arab pada batu nisan ini juga telah diiringi oleh satu dekorasi bermotif flora yang sangat anggun.
Kendati pada batu nisan itu tidak ditemukan epitaf yang memberitahukan siapa yang telah dikuburkan di tempat itu begitu pula tarikh wafatnya, namun ia merupakan salah satu pusaka sejarah yang bernilai dan patut dilestarikan.
Berikut ini adalah tulisan yang terpahat pada batu nisan tersebut.
أ.
1. لا إله إلا الله محمد رسول الله
2. - وأخرى تحبونها نصر من الله
- وفتح قريب وبشر المؤمنين
- وما أرسلناك إلا رحمة للعالمين
3. بسم الله الرحمن الرحيم
4. شهد الله أنه لا إله إلا هو والملائكة وأولو العلم قائما بالقسط لا إله إلا هو العزيز الحكيم إن الدين عند الله الإسلام الله نور السموات والأرض
ب.
من جاء بالحسنة فله عشر أمثالها ومن جاء بالسيئة فلا يجزي إلا مثلها
ج.
قل لن يصيبنا إلا ما كتب الله لنا هو مولانا وعلى الله فليتوكل المؤمنون
Terjemahan:
A.
1. Tiada tuhan [yang patut disembah] selain Allah. Muhammad itu utusan Allah.
2.
- (Ash-Shaff: 13)
"Dan (ada lagi) karunia yang lain yang kamu sukai (yaitu) pertolongan dari Allah dan kemenangan yang dekat (waktunya). Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang Mu'min."
- (Al-Anbiya': 107)
"Dan Kami tidak Mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam."
3. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
4.
- (Al 'Imran: 18 dan 19)
"Allah Menyatakan bahwa tidak ada tuhan selain Dia; (demikian pula) para malaikat dan orang berilmu yang menegakkan keadilan, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana. Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah Islam.
- (An-Nur: 35)
"Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi."
B.
(Al-An'am: 160)
"Barangsiapa berbuat kebaikan mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya. Dan barangsiapa berbuat kejahatan dibalas seimbang dengan kejahatannya."
C.
(At-Taubah: 51)
"Katakanlah (Muhammad), 'Tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah Ditetapkan Allah bagi kami. Dia-lah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah bertawakallah orang-orang yang beriman.'."

Bandar Aceh Darussalam12 Sya'ban 1438
Oleh: Musafir Zaman
Dikutip dari group facebook Mapesa.
أ. 
1. لا إله إلا الله محمد رسول الله 
2. - وأخرى تحبونها نصر من الله 
- وفتح قريب وبشر المؤمنين
- وما أرسلناك إلا رحمة للعالمين

3. بسم الله الرحمن الرحيم
44. شهد الله أنه لا إله إلا هو والملائكة وأولو العلم قائما بالقسط لا إله إلا هو العزيز الحكيم إن الدين عند الله الإسلام الله نور السموات والأرض






ج. 
قل لن يصيبنا إلا ما كتب الله لنا هو مولانا وعلى الله فليتوكل المؤمنون

ب.
من جاء بالحسنة فله عشر أمثالها ومن جاء بالسيئة فلا يجزي إلا مثلها


Dekorasi bermotif flora.
Sejarah 635635731047669201

Post a Comment

Home item

Google+ Badge

Follow by Email

Popular Posts