Full width home advertisement

Meuseuraya

Nisan Aceh

Video

Numismatik

Manuskrip

Poster Sejarah

Post Page Advertisement [Top]


Komplek Makam Raja Garut di Gampong Gle Njong Kuala Daya
Kecamatan Jaya, Lamno - Aceh Jaya.

Ketika Islam menggandeng tangan kebudayaan bangsa-bangsa di dunia, terjadilah hal-hal yang menakjubkan. Agama ini demikian meyakinkan, 'aqidah dan syari'ahnya. Ia dipercayai sebagai agama yang membawa kebebasan dan kasih sayang serta mendukung nilai-nilai keindahan.

Dalam keterpaduan antara kemantapan iman dan kegeniusan serta ketinggian daya estetik pemeluknya, bangsa-bangsa Islam melahirkan beragam karya seni yang istimewa. Dan dengan meraup berbagai kawasan kebudayaan sebelumnya di dunia, Islam menjadi satu-satunya pemilik khazanah kebudayaan terkaya. Warna kulit, lisan dan tradisi yang berbeda bersatu naung di bawah kalimat Tauhid.

Leluhur orang Aceh, sebagai salah satu bangsa Islam di dunia, telah berdiri dalam deretan sejajar dengan bangsa-bangsa berkebudayaan lainnya di dunia untuk menambahkan salah satu mutu manikam produk peradaban dalam khazanah kebudayaan bangsa-bangsa Islam, yang secara kasat mata menunjukkan keberuratberakaran mereka dalam Islam dan dalam menguasai berbagai seni dan ilmu pengetahuan yang berkembang di masanya.

Adakah kemudian semua warisan umat ini pantas untuk diabaikan, dan lalu kita menggantikan sejarah kita dengan cerita-cerita bualan yang tidak pun banyak gunanya?! Saat otak dan benak hanya terisi oleh dongeng-dongeng, maka kita tidak lebih dari tukang cerita saja (awak peh canang), kita tidak mendapatkan inspirasi dan semangat untuk berbuat dan bertindak.

Gambar: Percayalah Anda tidak akan melihat apa-apa, tidak akan melihat suatu kisah yang demikian agung pada batu nisan ini jika Anda tidak dapat mengenal dengan jelas seniman Muslim pemahatnya! Batu nisan ini tidak jatuh dari langit dan langsung tertancap di bumi, dia adalah bukti suatu kerja nyata yang lama dan melelahkan dalam menumbuhkembangkan sebuah kebudayaan Islam yang istimewa. Bila karya ini dapat dijadikan tolok ukur, maka perhatikanlah bagaimana dinamika yang berlangsung di berbagai aspek kehidupan kala itu!

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib