Tentang Mapesa


Masyarakat Peduli Sejarah Aceh (MAPESA) - Aceh 

Status
Masyarakat Peduli Sejarah Aceh, disingkat Mapesa, berstatus lembaga swadaya masyarakat berakta pendirian Notaris Lila Triana S.H, No. 10, tahun 2012.

Sejarah
Mapesa terlahir pertama sekali atas prakarsa para pendiri Mapesa pada tahun 2010. Setelah melalui fase-fase pembentukan yang rumit, lembaga swadaya masyarakat ini, pada akhirnya, disolidkan sebagai Masyarakat Peduli Sejarah Aceh dan dinotariskan pada 2012.
Sejak berdirinya sampai dengan hari ini, Mapesa bersekretariat di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, dan telah melalui tiga kali pergantian pengurus.

Tujuan dan Jalan 
Secara garis besar, Mapesa memiliki dua tujuan inti dan pokok:
  1. Menemukan kisah Islam yang insaf serta mencerminkan kesejatiannya di kawasan mana Aceh masa silam merupakan penunai tugas dari risalahnya yang abadi. 
  2. Menyajikan kisah tersebut beserta warisannya kepada masyarakat luas, terutama kepada generasi muda. 

Untuk sampai kepada dua tujuan inti tersebut, Mapesa menempuh jalan dengan:

  1. Melakukan penyelidikan dan penelitian sesuai prosedur ilmiah dalam rangka menemukan fakta-fakta sejarah yang terpecaya keshahihannya. 
  2. Merajut fakta-fakta tersebut untuk kemudian dapat dilahirkan dalam wujud narasi yang lebih menyatakan falsafah sejarah Aceh serta warisannya.
  3. Merawat serta melestarikan berbagai warisan yang dapat membuktikan fakta-fakta sejarah.
  4. Menerbitkan berbagai narasi terkait sejarah Aceh serta memperkenalkan warisannya kepada masyarakat lewat berbagai cara yang memungkinkan. 


Kegiatan
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan Mapesa selama ini terarah pada:

  1. Penyelidikan dan penelitian keberadaan permukiman-permukiman dan makam-makam peninggalan sejarah Aceh, serta berbagai benda peninggalan sejarah lainnya, terutama dalam kawasan utama Kesultanan Aceh Darussalam untuk menemukan pola-pola umum dari berbagai wujud warisan. 
  2. Sosialisasi kepentingan peninggalan sejarah Aceh kepada berbagai lapisan masyarakat. 
  3. Pembersihan dan penataan kompleks-kompleks makam peninggalan sejarah demi kepentingan penelitian ilmiah dan pelestarian. 
  4. Penyediaan layanan jasa pemanduan wisata ke berbagai situs sejarah Islam di Aceh, terutama untuk murid-murid sekolah dalam berbagai tingkatannya. 
  5. Pengelolaan media sosial Mapesa sebagai sarana berkomunikasi dan berbagi informasi menyangkut sejarah Aceh dan warisannya. 


Sumber Daya Finansial
Mapesa dijalankan dengan sumber daya finansial mandiri. Dalam hal ini, waqaf yang dikhususkan untuk lembaga swadaya masyarakat ini adalah sesuatu yang sangat diharapkan demi kelanjutan dan kesinambungan kerja berat Mapesa.

Alamat Sekretariat:
Jl. Bahagia, No : 47. Punge Blang Cut, Jaya Baru, Kota Banda Aceh, Aceh 23234
maps : https://goo.gl/maps/gDRcbB1fhzR2
email : mapesa.aceh@gmail.com
website www.mapesaaceh.com

Posting Komentar

0 Komentar