Kenangan


Salah satu nisan yang dipenuhi ornamen
di situs Krueng Juli


KETIKA semua telah pergi dan berlalu, yang tinggal adalah kenangan. Sebagian kenangan kemudian pantas untuk dilupakan supaya roda kehidupan dapat terus didayung, namun sebagian yang lain patut untuk disimpan dan dijaga.
 
Kenangan yang dijaga dapat menjadi sumber pelajaran, sebagai acuan dan rujukan, dan juga penuntun. Itu adalah arti besar dari berbagai kenangan yang pantas untuk dijaga.
 
Namun lain dari itu, kenangan juga berarti dan berguna untuk hal-hal yang bersahaja. Untuk sekadar melahirkan sebuah senyuman, misalnya. Atau untuk sekadar menyegarkan kepala yang dihimpit berbagai beban kehidupan. Atau manakala kesedihan menyelinap dan menebarkan asap hitamnya dalam rongga dada, kenangan mampu mengusirnya dan menggantikannya dengan rasa optimis dan percaya bahwa waktu terang dan lapang akan tiba. 

Di saat diri terasa lumpuh dan tak berdaya untuk merubah keadaan, dan hari-hari menjelma menjadi tumpukan kekecewaan, kenangan berguna untuk mengembalikan rasa percaya diri, atau paling tidak, sekadar untuk menghibur atau mengobati diri agar dapat bertahan sampai pertolongan Tuhan datang menyibak mendung kedukaan.
 
Nisan berinskripsi pada bagian puncak
bertuliskan Basmalah.
Untuk sesuatu yang sederhana saja, sebenarnya, saya turunkan gambar-gambar yang datang dari wilayah Kabupaten Bireuen ini, atau tepatnya dari Gampong Krueng Juli, Kecamatan Jeumpa, Bireuen.

Apakah mereka yang hidup di masa lalu itu, yang hidup sekitar abad ke-15 itu, telah memperkirakan bahwa kreatifitas mereka, goresan-goresan tangan mereka, cara mereka mengenang dan semua keindahan itu akan sangat berguna bagi saya meskipun hanya untuk sesuatu yang biasa, hanya untuk sekadar meredakan gundah gulana dan insomnia yang saya derita?

 Saya tidak tahu jika mereka memperkirakan atau tidak, namun yang terang, mereka telah melakukan sesuatu yang berguna bagi saya malam ini dan malam-malam semisal ini di hari-hari yang telah lewat.

Oleh: Musafir Zaman.
(Dikutip dari akun facebook Musafir Zaman di Group Mapesa)


Komplek makam bersejarah di Gampong Juli kecamatan Jeumpa kabupaten Bireuen.

Salah satu nisan yang di hiasi ornamen
Inskripsi bergores