Full width home advertisement

Meuseuraya

Nisan Aceh

Video

Numismatik

Manuskrip

Poster Sejarah

Post Page Advertisement [Top]

Foto: Koleksi Musafir Zaman
SATU nisan dari zaman Samudra Pasai memuat inkripsi sangat singkat, hanya satu kata, yaitu: "kib" (kaf, ya, ba). Inskripsi pada nisan yang berada di sebuah kompleks makam berlokasi tidak jauh dari aliran Krueng Keureuto, wilayah Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara, ini sejak ditemukan beberapa tahun lalu belum dapat diketahui maknanya yang pasti sampai dengan hari ini.
Apakah kata "kib" yang terdiri dari tiga huruf ini memiliki nilai-nilai sebagaimana dalam Hisab Al-Jummal? Tidak dapat diketahui pasti, namun jika hal ini benar, maka dengan Hisab Al-Jummal Al-Kabir, huruf-huruf ini akan bernilai angka: 115. Lalu ada apa dengan angka 115? Salah satu yang diketahui dari angka 115 ini adalah jumlah penyebutan kata "Ar-Rahim" (Pengasih) dalam Al-Qur'an adalah 115 kali.
Foto: Koleksi Musafir Zaman
Apakah makna tersebut yang diinginkan? Juga tidak diketahui pasti. Namun yang jelas, ini menunjukkan suatu pengetahuan yang mereka miliki pada masa yang tampaknya adalah sekitar penghujung abad ke-14 M.
Beberapa nisan lainnya di kompleks yang sama memiliki hiasan dekoratif yang indah, dan juga menunjukkan daya karya cipta yang istimewa.(*)

Foto: Koleksi Musafir Zaman
Foto: Koleksi Musafir Zaman
Foto: Koleksi Musafir Zaman

Oleh: Musafir Zaman
(Dikutip dari akun facebook Musafir Zaman di Group Facebook)

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib