Full width home advertisement

Meuseuraya

Nisan Aceh

Video

Numismatik

Manuskrip

Poster Sejarah

Post Page Advertisement [Top]

Inskripsi yang berbunyi ayat 77-79
surah Al-Waqi'ah.

Baru!

Temuan nisan bertipologi plang-pleing ini dilaporkan pertama sekali pada Sabtu 6 Februari oleh Muhammad Yusuf dan Fajri ABD, dan telah ditinjau kembali oleh Arhas Peudada pada 8 Februari. Nisan tersebut berada di Gampong Peulimbang Tuha, Kabupaten Bireuen.

Sebagaimana diketahui bahwa nisan bertipologi plang-pleing merupakan nisan yang ditemukan dalam jumlah besar di kawasan situs Lamuri di Gampong Lamreh, Aceh Besar. Penemuan plang-pleing di Peulimbang, Bireuen, untuk sementara ini adalah suatu hal di luar kelaziman dan mengundang tanda tanya.

Di antara hal yang menarik pada nisan plang-pleing yang ditemukan di Peulimbang ialah karena ia memiliki kemiripan besar dengan nisan Malik 'Alawuddin (wafat 822 H) di Lamreh.
Inskripsi yang berbunyi الله تعالى
(Allah Yang Maha Tinggi)
dengan ukiran kaligrafi yang unik dan khas
Lain dari itu, pada nisan Peulimbang ini juga terdapat inskripsi ayat 77-79 dari surah Al-Waqi'ah. Dengan demikian, nisan ini merupakan nisan kedua di mana ditemukan inskripsi ayat 77-79 dari surah Al-Waqi'ah setelah yang pertama ditemukan di Lamreh.
Gambar-gambar berikut ini telah direkam oleh Arhas Peudada dan disiarkan dalam grup Mapesa.


Bersama ucapan terima kasih sebesar-besarnya yang disampaikan kepada Saudara-saudara Muhammad Yusuf, Fajri ABD dan Arhas Peudada atas laporan yang sangat bernilai ini, disampaikan pula bahwa laporan lengkap tentang temuan ini akan disiarkan setelah Tim Mapesa melakukan penyelidikan dalam waktu dekat ini.
Terima kasih.
Lam Pineung, 30 Rabi'ul Akhir 1437 H.

Dikutip dari postingan Musafir Zaman di group Mapesa.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib