Full width home advertisement

Meuseuraya

Nisan Aceh

Video

Numismatik

Manuskrip

Poster Sejarah

Post Page Advertisement [Top]

Octavio Ocampo (lahir 1943; 75 tahun), pelukis surealis Meksiko:
"I like to invite the observer to interact playfully with my paintings. First I capture his attention, and try to communicate a sense of beauty or of something terrible. Then, on the second or third impression, the observer should be feeling something quite different."
(Saya suka mengundang pemerhati untuk berinteraksi dengan lukisan-lukisan saya seperti ia sedang bermain. Mula-mula, saya mengambil perhatiannya dan mencoba mengkomunikasikan suatu rasa keindahan atau suatu hal menakutkan. Selanjutnya, pada kesan kedua dan ketiga, pemerhati akan merasakan sesuatu yang sama sekali berbeda)
Berabad-abad sebelum Ocampo, para seniman Muslim dari Pasai (Sumatra) dan Aceh Darussalam telah memamerkan hasil-hasil karya dalam gaya yang diistilahkan oleh Ocampo sebagai "metamorphic" (metamorfis), sebuah seni penciptaan ilusi optik. Bahkan, gaya metamorfis tersebut tidak hanya diterapkan untuk mengekspresikan peralihan (transformasi) fisik atau figur dari berbagai bentuk visual, tapi lebih jauh dari itu, untuk mengekspresikan peralihan verbal dari suatu bentuk visual huruf-huruf dan kalimat kaligrafis; satu kalimat kaligrafis yang tertangkap pengelihatan, dengan demikian, dapat dibunyikan dengan dua ucapan berbeda serta kandungan makna yang berbeda pula - pengambilan ganda (double-take), dalam hal ini, mesti dilakukan.
Itu merupakan sebuah fenomena kaligrafis yang rumit, dan saya belum pernah mendengar kabar tentang penemuan fenomena semisal ini di bagian dunia Islam yang lain. Namun, untuk membicarakan persoalan ini lebih lanjut, tangguh waktu mesti dimintakan.
Akan halnya dekorasi yang terlihat pada gambar batu nisan di Barus ini, siapa pun dapat mengenali motif flora berbentuk bunga, yang anggun itu. Tetapi ambillah pandangan kedua, dan kita akan melihat bagaimana huruf-huruf kaligrafi yang mengandungi makna sedang bermetamorfosis membentuk kelopak-kelopak bunga yang susul menyusul.
Seniman Muslim berabad yang silam, tampaknya, juga telah pernah menyatakan hal yang sama sebagaimana dikatakan Octavio Ocampo:
"Nothing is quite as it seems."
(Tidak ada sesuatu pun yang benar-benar sama seperti terlihat)
Selamat menikmati!
Inskripsi: 
محمد رسول الله , عليه الصلاة السلام

Oleh: Musafir Zaman
Dikutip dari group Facebook Mapesa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib