Orang Jawiy (Sumatra-Pasai abad ke-8 H/ke-14 M)

 

Orang Jawiy (Sumatra-Pasai abad ke-8 H/ke-14 M)

"Subhana Rabbiya-l-A'la (Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi)," ucap lirih setiap muslim dalam sujud syukur mereka saat mendengar berita itu. Takbir terdengar mengisi semua ruang Dunia Islam ketika kabar itu sampai.
"Shalahuddin Al-Ayyubiy telah memenangkan pertempuran!"
Tanah Hiththin di mana pertempuran berlangsung menjadi saksi bahwa salibis telah dipukul kalah oleh bala tentara Islam di bawah pimpinan pahlawan besar itu. (Hiththin; Hittin; Hattin: salah satu kampung Palestina sebelum pendudukan Israel pada 1948)
Kemenangan dalam Rabi'uts Tsani 583 H (Juli 1187 M) itu mengakhiri pendudukan salibis atas Quds dan tanah Palestina sejak 88 tahun sebelumnya, menyibak awan hitam kedukaan yang telah merundung hati setiap muslim semenjak Kerajaan Yerussalem dan Negara-negara Salibis lainnya didirikan oleh feodal-salibis Eropa pada penghujung abad ke-12 M (perang salib pertama).
Pembebasan Baitu-l-Maqdis (Al-Qudsu-sy-Syarif) dan tanah Palestina dari tangan salibis menjadikan Shalahuddin Al-Ayyubiy salah seorang pahlawan paling dikenang dalam sejarah Dunia Islam. Namanya terus diingat dan menginspirasi. Ia teladan, dan pemimpin sepertinya selalu diharapkan.
.............. (bersambung?).

Oleh: Musafir Zaman Dikutip dari Group Mapesa

Posting Komentar

0 Komentar