Menuju Penemuan

(Menuju penemuan...)

"Menurut 'Adjaib lanskap Kakula terletak tujuh hari bergerak [dengan barang dagangan] dari pantai. Ini diidentifikasi oleh Van der Lidt dan Rouffaer dengan lanskap Batak Angkola di lembah Batang Gadis.
Jarak pantai ke Angkola saat ini tidak bisa ditempuh dengan berjalan kaki dalam waktu sesingkat itu. Namun, situasi geomorfologi harus diperhitungkan lagi: garis pantai telah ditarik jauh ke pedalaman sekitar 1000 tahun yang lalu, sehingga tanah Batak terletak lebih dekat ke pantai, bahkan mungkin mencapai pantai...
Jarak dari pantai ke lembah Angkola karena itu jauh lebih pendek sekitar 1000 tahun yang lalu, sehingga pernyataan 'Adjaib dapat dianggap kredibel. Tampaknya bagi saya tidak ada keberatan yang dapat diajukan terhadap asimilasi Kakula dengan Angkola di tanah ini."
-- Obdeijn, V., De geografische kennis omtrent Sumatra in de middeleeuwen, Tijdschrift van het Nederlandsch aardrijkskundig genootschap, Deel LIX, 1942.
*Harapan:
Sebab perjalanan masih harus dilanjutkan, sangat berharap agar yang muda segera dapat meninggalkan kebingungan di persimpangan jalan, dan memilih apa yang bermakna di masa depan.
Gambar-gambar di Tapian Nauli, Jumadil Awal 1442/Desember 2020






Oleh Musafir Zaman Dikutip dari group Mapesa

Posting Komentar

0 Komentar