Nisan Tokoh Wanita di Area Taman Kandang Gunongan

Habis Waktu!

Kesempurnaan memang selalu seperti batas cakrawala dalam pandangan mata. Kita tidak akan pernah berada di sana!
Tapi, bahkan, tidak pernah cukup waktu untuk menutup lubang-lubang cela yang pernah digali dengan tangan sendiri. Malah, sementara itu, lubang-lubang baru pun terbuka.
Lalu, seperti bel berbunyi nyaring sebelum separuh soal terjawab! Habis waktu! "Time out!" Sudah! Dada berdegup kencang, dan kaki seperti tidak menginjak tanah. Sejenak kemudian, kehampaan menjadi satu-satunya yang paling jelas di depan mata. Hingga, udara pun seperti harus dirampas dan dihela ke rongga dada.
Pikiran berupaya keras mencari tempat ke mana membuang gelisah. Segalanya diperhitungkan, dipertimbangkan, dan pada akhirnya hanya menemukan satu tumpuan yang teramat sempurna.
Ukiran pada batu keras itu pun lantas terdengar seperti bisik munajat yang halus menghiba: "Tidak kepada siapapun kubawa kegelisahan ini selain kepada-Mu, Wahai Engkau Yang Maha Pengampun, wahai Engkau Yang Maha Pengasih."
يَا غَفُوْرُ، يَا رَحِيْمُ
(Wahai Yang Maha Pengampun! Wahai Yang Maha Pengasih!)
"Dan semoga shalawat dan salam senantiasa terlimpah ke atas Nabi-Mu yang telah menyampaikan dan mengajarkan kami petunjuk-Mu."
صَلَّى الله عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ سَنَةَ إِحْدَى وَتِسْعِيْنَ
وَتِسْعِمِائَةٍ [وا]حِدٍ وَالْعِشْرِيْنَ
مِنْ شَهْرِ ذِي الْقَعْدَةِ
(Semoga Allah melimpahkan shalawat dan dalam ke atas beliau. [Almarhumah meninggal dunia] pada tahun sembilan ratus sembilan puluh satu, [pada tanggal] dua puluh satu bulan Dzul-Qa'dah.)
Nama almarhumah tidak ditemukan pada batu nisan. Tanggal meninggalnya pada 21 Dzul Qa'dah 991 bertepatan dengan 5 Desember 1583.
Jasad almarhumah, barangkali, rubuh saat shalat 'Ashar baru saja diniatkan pada hari Jum'at tanggal tersebut. Waktunya habis, dan hanya keampunan Allah dan kasih sayang-Nya satu-satunya tumpuan.
فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ وَ
بَعْدَ [نِيَّةِ الْعَصْرِ؟]
(Pada hari Jum'at dan sesudah [niat 'Ashar?])
*Malam awal Syawwal 1445.
**Inskripsi tersebut terdapat pada salah satu batu nisan yang dilestarikan di kompleks Gunongan, Banda Aceh.







Oleh Musafir Zaman DIkutip dari group Mapesa

Posting Komentar

0 Komentar