Kompleks Makam dan Zawiyah Teungku di Krueng Kale Muhammad Sa’id

  • Ekspedisi Krueng Kale (1)


Selasa, 10 Rabi’ul Awal 1442 H/ 27 Oktober 2020, Tim Mapesa, Aceh Darussalam Academy dan Pedir Museum melakukan ekspedisi di Kawasan Kemukiman Siem, tempatnya di Gampong Siem dan Gampong Krueng Kale, Kecamatan Darussalam, kabupaten Aceh Besar. Tim berhasil melakukan survei dan mendokumentasikan 3 titik situs yaitu:
1. Kompleks Makam dan Zawiyah Teungku di Krueng Kale Muhammad Sa’id
2. Kompleks Makam dan Zawiyah Teungku Chik Krueng Kale
3. Mesjid Tuha Kemukiman Siem
Kegiatan ini sepenuhnya disponsori oleh PEDIR Museum.

Kompleks Makam dan Zawiyah Teungku di Krueng Kale Muhammad Sa’id



Publikasi pertama dalam ekspedisi ini akan menampilkan bekas institusi Pendidikan zaman Kesultanan Aceh Darussalam pada abad ke-19 M yaitu kompleks makam dan zawiyah Teungku di Krueng Kale, Muhammad Sa’id di Gampong Siem.

Dalam publikasi sebelumnya bertajuk “Ulama Krueng Kale dalam Lingkungan Sultan Aceh” telah kami sertakan data-data yang dikumpulkan oleh PEDIR Museum diantaranya: cap dan naskah-naskah yang menyebutkan keberadaan dan kiprah tokoh bernama Teungku di Krueng Kale Muhammad Sa’id bin Syaikh ‘Abbas Krueng Kale.

Dalam ekspedisi Krueng Kale, diperoleh informasi dari Teungku Rajudin, seorang keturunan dan juga penjaga Makam Teungku Chik Krueng Kale, terkait lokasi kompleks makam Teungku Muhammad Sa’id. Kompleks makamnya berjarak kurang lebih 1 km dari kompleks makam Teungku Chik Krueng Kale.

Di kompleks makam Teungku Muhammad Sa’id, dijumpai sisa struktur diwai (benteng makam) yang sudah ditumbuhi semak-semak di bagian dalamnya, tidak jauh dari struktur diwai juga dijumpai kulah (bak) air yang difungsikan sebagai tempat mengambil wudhuk, sumur yang diturab dengan batu bata disampingnya ada tempat wadah tuangan air terbuat dari kombinasi tembikar dan beton.

Disini kita menemukan teknik fisika dasar 'water level' untuk mengalirkan air dari sumur yang dialirkan ke dalam kulah (bak) air melalui wadah tuangan.

Pada tahun 1902, Belanda juga melakukan dokumentasi cungkup makam Teungku di Krueng Kale Muhammad Sa’id. (lihat postingan sebelumnya)

Berikut gambar-gambar dari kompleks makam Teungku di Krueng Kale Muhammad Sa’id yang berada di Gampong Krueng Kale, Kemukiman Siem, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar. Gambar-gambar direkam oleh Irfan M Nur

Tim ekspedisi:

Masykur Syafruddin (Luengputu Manuskrip Aceh)
Rahmat Riski
Anharullah Anharullah
Dedy Afriadi (Dedy Kalee)
Chairul Hidayah Al-asyi
Farid Qhairi
Hasan Al Basri

Postingan ini disiarkan oleh Luengputu Manuskrip Aceh (Direktur PEDIR Museum).
Postingan ini disiarkan pertama sekali oleh Fanpage Aceh Darussalam Academy

Post a Comment

0 Comments